Tahukah Anda Seberapa Cepat Jaringan 5G?

Tahukah Anda Seberapa Cepat Jaringan 5G?
Tahukah Anda Seberapa Cepat Jaringan 5G?

selamat sore apa kabar semuanya semoga sehat selalu saya akan membahas tentang Tahukah Anda Seberapa Cepat Jaringan 5G?    Jaringan 5G merupakan era baru dari jaringan seluler yang memasuki generasi ke-5. Generasi ini merupakan standar nirkabel global baru setelah jaringan 1G, 2G, 3G, dan 4G. 5G memungkinkan jaringan baru yang dirancang untuk menghubungkan hampir semua orang secara bersama-sama termasuk mesin, objek, dan perangkat.

Teknologi nirkabel 5G dimaksudkan untuk memberikan kecepatan data puncak multi-Gbps yang lebih tinggi, latensi yang sangat rendah, keandalan yang lebih tinggi, kapasitas jaringan yang masif, ketersediaan yang ditingkatkan, dan pengalaman realtime kepada lebih banyak pengguna. Lalu muncul beberapa pertanyaan seperti seberapa cepat 5g /.

Tahukah Anda Seberapa Cepat Jaringan 5G?

Jika dibandingan dengan 4G, dan diuji dengan aplikasi Speedtest. Maka hasilnya didapat jaringan 4G memiliki kecepatan download rata-rata sebesar 27,9 mbps. Sedangkan jauh di atasnya, jaringan 5G dapat mencapai 634 mbps.

Tahukah Anda Seberapa Cepat Jaringan 5G?
Tahukah Anda Seberapa Cepat Jaringan 5G?

Dilansir dari laman Qualcomm, 5G dirancang untuk memberikan kecepatan data puncak hingga 20 Gbps berdasarkan persyaratan IMT-2020. Solusi 5G andalan Qualcomm Technologies, Sistem Qualcomm® Snapdragon ™ X55 dan Snapdragon X60 Modem-RF, dirancang untuk mencapai hingga 7,5 Gbps dalam kecepatan data puncak downlink.

Tetapi 5G lebih dari sekadar seberapa cepat ia dapat bekerja. Selain kecepatan data puncak yang lebih tinggi, 5G juga dirancang untuk menyediakan lebih banyak kapasitas jaringan dengan memperluas dan memperbaharui spektrumnya, seperti mmWave.

5G juga dapat memberikan latensi atau jeda waktu antara pengirim dengan penerima yang jauh lebih rendah. Hal ini dapat membuat respons menjadi lebih cepat dan memberikan pengalaman pengguna yang lebih seragam secara keseluruhan sehingga kecepatan data tetap tinggi secara konsisten ,  bahkan saat pengguna berpindah-pindah.

Selain itu, jaringan seluler 5G NR baru didukung oleh fondasi cakupan Gigabit LTE, yang dapat menyediakan konektivitas kelas Gigabit di mana-mana. Setelah teknologi 5G ditemukan banyak operator global mulai meluncurkan jaringan 5G pada awal 2019.

Pada 2020, banyak negara mengharapkan jaringan seluler 5G dapat diakses secara nasional. Selain itu, semua produsen ponsel Android juga mulai mengkomersialkan ponsel 5G.  Maka, sebentar lagi akan ada lebih banyak orang yang dapat mengakses 5G.

Saat ini,  5G telah diterapkan di 35+ negara dan terus bertambah. Qualcomm mengungkapkan, melihat peluncuran dan adopsi 5G jauh lebih cepat dibandingkan dengan masa awal-awal 4G dulu. Hal ini tentu saja karena konsumen sangat senang dengan kecepatan tinggi dan latensi rendah.

Apalagi 5G melampaui manfaat ini dengan juga menyediakan kemampuan untuk layanan penting, broadband seluler yang ditingkatkan, dan IoT besar-besaran. Meskipun demikian, tampaknya sulit untuk memprediksi kapan setiap orang akan memiliki akses ke 5G.

Kami melihat momentum besar peluncuran 5G di tahun pertama dan kami berharap lebih banyak negara tak terkecuali Indonesia untuk meluncurkan jaringan 5G pada tahun 2020 dan seterusnya. Adapun Negara-negara yang telah dapat  memakses 5G mulai Juni 2020 adalah sebagai berikut.

●Australia ●Austria ● Belgium ●Bahrain ●Canada● China ●Czech●Republic Finland ●Germany ● Hong Kong ●Hungary ●Ireland ●Italy ●Japan ●Kuwait ●Maldives ●Monaco ●Netherlands ●New Zealand ●Norway ●Oman ●Philippines ●Poland ●Puerto Rico ●Qatar ●Romania ●Saudi Arabia ●South Africa ●South Korea ●Spain ●Sweden● Switzerland ●Thailand ●Trinidad and ●Tobago ●United Arab Emirates ●United Kingdom ●United States of America ●Virgin Islands, U.S.

Related posts